Usai Dibangun RS Pratama Muara Kelinggi Belum Diresmikan

MUSI RAWAS-Rumah Sakit (RS) Pratama yang berada di wilayah Kecamatan Muara Kelinggi Kabupaten Musi Rawas (Mura),Provinsi Sumatera Selatan (Sum-Sel).

Telah dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura sejak tahun 2022 lalu,mengunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mura berkisar Rp 30 Milyar.

Namun hinga saat ini di tahun 2024,kondisi bangunan RS Pratama Muara Kelinggi tersebut sudah selesai di bangun oleh pihak pelaksana.

Akan tetapi belum juga diresmikan, walaupun kondisi gedung bangunan RS Pratama Muara Kelinggi tersebut sudah mulai di tumbuhi rerumputan.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Mura Drg Maya Kesuma Putri Mars melalui Kepala Bidang (Kabid) P2P Renaldi (4/3) mengatakan kepada awak media.

Kalau soal RS Pratama Muara Kelinggi itu, sebenarnya hal itu masih kebijakan Pemkab Mura kapan bisah diresmikan.

” Sebab RS Pratama Muara Kelinggi juga memiliki struktur organisasi tersendiri,jadi untuk saat ini kami pihak Dinkes Mura belum mendapatkan informasi kapan RS Pratama itu diresmikan,”kata Renaldi.

Renaldi menjelaskan,untuk sistem pelayanan kesehatan nanti di RS Pratama Muara Kelinggi juga sama seperti RS lainnya yang ada.

Kemudian tujuan dibangun RS Pratama Muara Kelinggi juga untuk melayani pasien ataupun masyarakat yang ingin berobat,untuk di wilayah beberapa Kecamatan.

Seperti Kecamatan Muara Lakitan, Kecamatan Sukakarya, Kecamatan BTS Ulu Cecar dan Kecamatan Muara Kelinggi sendiri.

Jadi jika nanti masyarakat yang berobat,apabilah penyakit itu bisah di tangani oleh RS Pratama maka cukup di RS Pratama saja.

” Namun jikalau kondisi pasien itu tidak bisah di rawat oleh RS Pratama Muara Kelinggi, selanjutnya di rujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Sobirin Kabupaten Mura,”jelas Dr Renaldi.

Ia menegaskan,kalau soal tenaga medisnya nanti untuk RS Pratama Muara Kelinggi sudah di siapkan.

Hanya saja menunggu koordinasi dengan antar organisasi,sebab di bukanya RS Pratama Muara Kelinggi itu rumah kesehatan baru.

” Jadi kita akan koordinasi dahulu dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda),Dinas Pendataan Pengelolaan Keugan dan Aset Daerah (DPPKAD),karena RS Pratama itu buat organisasi baru,”tegas Renaldi.

Penjabat (Pj) Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Mura Ir H Aidil Rusman secara singkat menegaskan,kalau soal RS Pratama Muara Kelinggi itu.

Kapan rencana diresmikan,kan Dinkes sendiri yang menyatakan sikap kapan siap diresmikan bukan Pemkab Mura.

” Sebab Pemkab Mura hanya menunggu saja,kapan kesiapan akan diresmikan RS Pratama Muara Kelinggi tersebut,”ungkap Pj Sekda.(Zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *